3D2N Trip Belitung (Itinerary & Budget)- PART 2


"Hari kedua di Belitung enaknya kemana lagi nih? pantai kemarin udah seharian full sampai tepar.  Kuy mampir liat-liat kenanganga Andrea Hirata"


Day 2

Siapa sih sosok yang paling diingat kalo ngomongin Laskar Pelangi?  Buat aku si Ikal dan Ling Ling.  Aku mengikuti novel tetralogi Laskar Pelanginya Andrea Hirata, dari Laskar Pelangi sampai ke Maryamah Karpov.  Aku punya semua keempat novelnya.  Hari ini Aku mau mengenang masa kecil si Ikal.

Destinasi pertama yang akan di kunjungi adalah SD Gantong.  Lokasinya cukup jauh dari penginapan, ada di Kecamatan Gantong, Belitung Timur.  Kurang lebih dari penginapan di Tanjung Pandan menuju Belitung Timur menempuh perjalanan selama 2 jam.

Sedih kalo keinget gimana cerita akhirnya SD ini ditutup.  Jadi ini merupakan replika dari SD Muhammadiyah Gantong.  Tiba dilokasi persis siang bolong jadi berasa banget panas terik mataharinya karena disini sedikit sekali pepohonan.  Untuk masuk ke lokasi ini, perorang dikenakan HTM IDR 3.000. 

Replika Sekolah Laskar Pelangi

Lanjut dari SD Muhammadiyah Gantong ke Museum Kata Andrea Hirata.  Lokasinya engga jauh dari SD Muhammadiyah Gantong, kurang lebih 5 menitan atau sekitar 2 KM.  Untuk masuk ke Museum Kata Andrea Hirata ini dikenakan HTM IDR 50.000 per orang.  Di Museum Kata Andrea Hirata ini berkisah mengenai kenangan-kenangan ikal masa kecil dulu.  Di sini juga menjual batik cap khas Belitung, sambil belajar membatik atau bisa beli jadi untuk buah tangan.  Cukup ramai orang yang mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata ini.

Museum Kata Andrea Hirata



Masih keliling Belitung Timur, selanjutnya adalah Rumah Keong.  Lokasinya masih tidak jauh dari Museum Kata Andrea Hirata, sekitar 5 menit perjalanan.  Jadi Rumah Keong ini adalah karya dari Andrea Hirata.  Kalau tidak salah Rumah Keong ini terbuat dari Rotan.  Untuk masuknya sendiri dikenakan HTM IDR 5.000 per orang.

Rumah Keong

Penyewaan Kanoe di Area Rumah Keong

Dari Rumah Keong menuju Vihara Dewi Kwan Im.  Walaupun masih di wilayah Belitung Timur, lokasi Vihara Dewi Kwan Im ini lumayan jauh, menempuh perjalanan kurang lebih hampir 1,5 jam.  Untuk masuk area ini tidak dikenakan biaya sama sekali.

Vihara Dewi Kwan Im


Patung Dewi Kwan Im

Destinasi terakhir keliling Belitung Timur, Pantai Burong Mandi.  Lokasinya tidak jauh dari Vihara Dewi Kwan Im.  Pantainya cukup sepi.  Tidak dikenakan biaya masuk sama sekali. Pasirnya tidak sebersih Pantai Tanjung Kelayang.  Mampir sejenak di sini untuk menikmati deburan ombak dan desiran pasir.

Pantai Burong Mandi

Berhubung besok adalah hari terakhir dan aku masih punya sedikit waktu sebelum hari mulai gelap, aku mampir ke toko oleh-oleh sambil perjalanan pulang ke penginapan.  Setelah mampir toko oleh-oleh, aku kembali ke penginapan di Tanjung Pandan.  Hari ini makan malam di penginapan saja.  To be Continued....


Detail Itinerary & Budget Day 2

Comments

  1. Menarik arikel travelling ke kota laskar pelangi Belitung sampai dijelaskan budget yang cukup terjangkau. Baru tau ada museum Andrea Hirata. Penasaran juga dengan batik khas Belitung. Banyak kearifan lokal yang belum banyak diketahui publik

    ReplyDelete
  2. Rasanya Belitung jauuh banget dari Sulawesi. Eh mmang sih ya, bukan rasanya lagi wkwkwk. Semoga bisa ke sana suatu waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mudah2an yaaa. sementara tetap stay di rumah aja hehe

      Delete
  3. Belitung memang selalu ngangenin ya mba Intan, duh jadi pengen ke sana lagi deh, nunggu pandemi segera selesai deh dan semuanya aman senotosa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Pantainya emang layak di kunjungi lagi mbak

      Delete
  4. Pemandangannya bagus bagus ya disini.. apalagi dekat pantai.. wah memang bikin kepingin untuk datang ke tempat ini

    ReplyDelete
  5. Wah benar-benar bagus banget nih pemandangan alamnya. Pasti pikiran akan langsung fresh kalau liburan ke tempat ini. Kalau ada kesempatan, saja juga ingin berkunjung ke Belitung.

    ReplyDelete
  6. Bagus sekali pemandangan di Belitung ini. Ada museum kata ternyata. Kalo sudah membaca novel Laskar Pelangi jadinya seperti napak tilas ya, he, he. Btw itu viharanya bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuls, terbayang ikal kecil dan teman2nya :)

      Delete
  7. Serunyaa ke Belitong. Pantainya cantik ya.. Makasih kak rekomendasi itinerary nya. Kpn ke sana sy cobain semua agendanya.

    ReplyDelete
  8. Budget buat ke tempat wisatanya cukup murah ya rata2 Rp 5000 kecuali ke Museumnya, suka sekali liat pemandangannya yang asri apalagi pantainya Belitong

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul di belitung, masih relatif murah untuk jalan-jalan :)

      Delete
  9. Mbak Intan, saya juga penyuka dan pembaca novelnya Andrea Hirata. Novel Laskar Pelangi sampai nonton film bioskopnya, bahkan nonton versi pementasan teaternya sewaktu dipentaskan di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Di sana ketemu Andrea Hirata juga. Senang sekali ketemu sama sesama penyuka Laskar Pelangi seperti Mbak Intan. Cuma yang Maryamah Kapov saya yang belum selesai baca. Terima kasih sudah berbagi kisahnya liburan ke Belitung. Ini impian saya yang belum kesampaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal mbak nieke. :) smga cepat kesampaian yaa bisa menjelajah belitung hehe

      Delete
  10. Ya ampun mbak. pantai pasir putih, lautnya biru jernih bikin ngiler bgt pingin kesana ♥️ Semoga suatu hari bisa terwujud dolan kesana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya allah semoga di mudahkan rejekinya ya buat bisa cepet berkunjung ke sana :D

      Delete
  11. Kangen pengen ke Belitung lagi dulu rasanya belum puas keliling disana, pengen ke pantainya lagi, asik nih itinerary nya bisa jadi inspirasi

    ReplyDelete

Post a Comment