3D2N Trip Belitung (Itinerary & Budget)- PART 3

"Gak kerasa udah last day aja di Belitung.  Keliling Pantai udah, snorkling sama nemo udah, belanja oleh-oleh udah, cuma punya waktu 5-6 jam sebelum ke Bandara, Kemana aja ya enaknya?"

Hari ini waktunya pulang ke Jakarta.  Jadwal keberangkatan dari Bandara HAS Hanandjoeddin sekitar jam 16.25 WIB, paling tidak jam 15.00 atau 15.30 harus udah tiba di Bandara.  Pagi-pagi aku sekalian checkout sambil menghabiskan waktu sebelum pergi ke Bandara, jadi engga bolak-balik.  

Aku checkout sekitar pukul 10.00 pagi.  Tujuan pertama hari ini balik ke pantai.  Rasanya belum bisa move on dari Pantai disini.  Perjalanan pertama menuju pantai Tanjung Tinggi.  Jaraknya tidak terlalu jauh dari penginapan, sekitar 30KM atau sekitar 45 menit.  Rasanya suasanyanya sangat bersabahat hari itu, cerah dan tidak terlalu panas.

Pantai Tanjung Tinggi

Setelah puas menikmati sepoi angin di pantai, lanjut lagi perjalan ke Museum Belitung.  Sebenarnya sudah tidak ada lagi tujuan.  Namun sayang rasanya kalau hanya berlama-lama duduk menunggu di Bandara.  Akhirnya memutuskan ke Museum Belitung.  Perorangnya dikenakan tiket masuk IDR 5.000 per orang.  Museum ini menyimpan benda-benda sejarah dan fosil-fosil hewan.  Ada juga fosil buaya yang panjangnya 3,5m.  Menurut aku Museumnya cukup unik, karena mereka juga memelihara beberapa binatang disini, seperti Rusa, Buaya, Kelinci, dll.  Heran engga? saya juga hahaha. mereka hidup tapi di museum-kan hahahaha.


Museum Belitung

Hampir menuju jam makan siang, rasanya cacing diperut ini mulai tidak bersahabat.  Akhirnya aku mampir ke Kongdjie Coffee untuk makan siang.  Katanya kopi disini termasuk kopi yang legend juga, khas Belitung.  Harga kopi original dan kopi susunya disini sekitar IDR 10.000 - IDR 12.000.  Selain kopi, ada juga minuman lainya semacam Jus, Es Lemon, Es Susu , Es Coklat dan minumam instan  mulai dari harga IDR 8.000 - IDR 25.000. Ada juga menu makanan beratnya seperti Nasi Goreng, Pampi/Kwetiau, Mie Goreng, Ifumi, Bakmi, Ayam Penyet/Bakar/Goreng, Capcay, Sapo, Sop Buntut, Tomyum, Empek-empek, dll.  Harganya mulai dari IDR 15.000 - IDR 45.000.

Kongdjie Coffee

Masih searah dengan perjalanan menuju Bandara, aku mampir sebentar di Rumah Adat Belitung.  Tidak ada biaya tertentu untuk masuk kesini.  Pengunjung dipersilahkan keluar masuk untuk sekedar melihat-lihat saja.

Rumah Adat Belitung

Masih ada sedikit waktu untuk sekedar singgah.  Akhirnya mampir ke Danau Kaolin. Kaolin sering digunakan untuk bahan kosmetik, dll.  Jadi danau Kaolin ini area bekas tambang yang sudah ditinggalkan.  Bentukanya lubang lubang, namun karena terkena hujan, lubang ini jadi terisi air. jadi seperti danau-danau kecil dan kalau airnya banyak jadi mirip danau besar.  Pengunjung hanya boleh melihat dari atas aja ya.

Danau Kaolin

Akhirnya waktunya berangkat ke Bandara.  Belitung cukup membekas buat aku pribadi.  Warganya sangat ramah.  Kalau lagi traveling aku paling suka dengerin ceritanya warga setempat.  Hal itu yang bikin sering terngiang-ngiang.  Menurut aku, traveling ke Belitung itu relatif murah, apalagi kalau kita bisa pergi ramean jadi bisa dibagi-bagi ya biar hemat :).   Kurang lebih ini budget aku selama 3 hari 2 malam di Belitung :


Detail Itinerary & Budget 3D2N

Comments